Menginap dan Berendam di Jjimjilbang Korea

Friday, April 15, 2016

Mencoba sesuatu yang baru adalah salah sesuatu hal yang aku suka dalam travelling dan kali ini aku berkesempatan untuk mencoba "penginapan baru" di Korea yaitu Jjimjilbang (spa), salah satu sauna yang direkomendasikan adalah Silloam Sauna yang katanya 5 menit walking distance dari Chungjeongno Station (Line 2 & 5 exit 6). Silloam Sauna ini buka 24, kita bisa memilih dating pada saat pagi (day rate) atau malam hari (night rate), fasilitas sauna ini cukup lengkap mulai dari salon, gym, restaurant, kolam untuk berendam, meeting room dan juga kamar tidur, informasi lengkap bias langsung dilihat di sini. Salah satu keunggulan silloam sauna ini adalah tersedia nya tempat tidur berupa bunk bed di lantai 5 & lantai 4, sementara di sauna lain bisanya cuma tidur di hall beralaskan matras tipis. Area tidur laki laki dan  perempuan sih dipisah tetapi untuk menuju ruangan tidur laki laki mereka mau ga mau harus melewati ruangan tidur wanita.
source:silloamsauna
Ditengah larutnya malam dan udara malam yang berhembus sangat dingin (suhu dibawah 10") dan dengan backpack yang lumayan besar dipunggung, aku mencoba bertanya pada orang sekita lokasi sauna ini dengan menunjukkan gambar dan alamat dengan tulisan hangul. Orang pertama menggelengkan kepala, orang kedua tersenyum dan hanya mengatakan "I dont know" dan beberapa orang yang lain menjawab dengan jawaban yang sama, sementara aplikasi "maps me" yang sudah saya install juga tidak bisa melocate lokasinya. Rasanya ingin menyerah dan check in ke hostel saja apalagi melihat teman teman yang lain sudah meringkuk kedinginan di halte bis, tapi aku masih ingin mencoba peruntungan terakhir yaitu taxi. Dengan taxi juga tidaklah mudah, supir taxi kami hampir saja menurunkan kami (padahal baru saja merasakan sedikit kehangatan) karena ternyata dia tidak tahu lokasi tempat tersebut tetapi untungnya supir taxi yang satu lagi (kita ambil 2 taxi karena berenam) sepertinya tahu, jadi akhirnya saya meminta supir taxi kami untuk mengikuti taxi yang satunya lagi dan ternyata silloam sauna ini memang dekat sekali, argo taxi bahkan belum berubah sama sekali.
Ticket station,source :silloamsauna
Tidak ada resepsionis yang menyambut saat kita memasuki lobby Silloam Sauna,  hanya ada 2 ahjussi yang berada di counter tiket yang melayani pembayaran.  Setelah pembayaran dilakukan mereka langung  menyerahkan handuk, kunci locker sepatu dan pakaian ganti dan  kita diguide ke ruangan sebelah tiket counter.  Sepatu disimpan di locker sepatu, setelah itu, kunci locker sepatu ditukar dengan kunci locker untuk baju dan tas di  resepsionis yang merangkap  merangkap customer service dan counter penjual snack.   Lockernya lumayan besar, tas 70L saya bisa masuk kedalam, jadi saya tidak menanyakan mengenai storage room yang saya lihat disebelah locker sepatu. lockernya lumayan besar, muatlah buat tas backpack kami).

Karena memang sudah tahu sebelumnya saya tidak shock lagi melihat para wanita dengan cueknya berjalan telanjang bulat dari area loker ke area mandi/berendam di basement 1 (pastinya ruangan antar pria dan wanita dipisah), ada juga sih sebagian yang berusaha menutup area depan tubuh dengan handuk kecil yang disediakan, tetapi di pemandian bawah tetap aja sih harus naked lagi, karena sehelai benang pun tidak diijinkan melekat pada saat kita berendam di kolam kolam yang disediakan.
Kolam berendam, photo by silloamsauna
Setelah perjalanan yang cukup jauh dan itinerary padat beberapa hari terakhir, aku sudah membayangkan betapa menyenangkannya berendam di air hangat khususnya di massage bath, tetapi entah karena badanku terlalu lelah atau shock dengan perubahan suhu yang drastis, aku cuma bisa berendam setengah badan, cuma sampai paha doamg, sementara aki dan ira sepertinya sangat menikmatinya, akhirnya aku menyerah dan memutuskan untuk tidur saja, besok pagi mungkin mau mencoba lagi.
Paginya saya mencoba lagi untuk berendam dan akhirnya sukses bahkan saya bisa berendam di suhu 41". Tidak dianjurkan untuk berlama lama berendam karena bisa bikin napas sesak, biasanya cuma 3 menit habis itu pindah lagi ke kolam yang lain, yang paling bagus adalah setelah dari kolam panas masuk kolam dingin, bolak balik seperti itu.

Jangan lupa untuk membersihkan badan dulu sebelum berendam dan juga mengcover rambut dengan handuk (jika rambut kita agak panjang). Setelah berendam kita juga bisa menikmati redemption area di lantai 4 yaitu oxygen room, salt sauna, ice croom, hard charcoal cold room dan lain lain. Karena kita datang sudah larut malam saya tidak sempat untuk menikmati fasilitas di sauna ini, mungkin next time nyoba lagi ya kalau tidak di korea mudah mudahan di jepang nanti.
Oxygen room di lantai 4 (salah satu dari beberap redemption room), pic by silloamsauna
Ruangan tidur di lantai 5, pic by silloamsauna

Central hall di lantai 2, tempat nonton tv, chat, ngerumpi dll, pic by silloamsauna












April 15, 2016
natalenaputri
Backpacker Traveller Updated at: April 15, 2016

1 comments:

  1. Duh asyik ya... Kira2 habis berapa won sist buat nginap di sana?

    ReplyDelete