Skip to main content
natalenaputri

follow us

Misi Menemukan Sang Tin Tin, Hongkong

Tin Tin atau Din Din adalah salah satu jenis transportasi umum di Hongkong

Disneyland, Lantau Island
Dari MTR Tsim Sha  Shui, ambil MTR menuju Lai King MTR (red line) dan kemudian transfer ke MTR Tung Chung (orange line) sampai stasiun Sunny Bay dan dari sini kita harus ganti kereta khusus jurusan Disneyland. Kereta ini di design khusus ala Disneyland, mulai dari jendela hingga interior kursi dan pegangan tangan menggambarkan tokoh Disney yaitu kepala Mickey. Perjalanan kurang lebih 30-45 menit.

Keluar dari stasiun Disneyland Resort kita cukup mengikuti petunjuk menuju ke pintu gerbang Disneyland untuk membeli tiket, untuk harga dan informasi detail mengenai harga tiket dan penawaran yang ditawarkan bisa langsung check web Disneynya langsung. Kita tidak diijinkan untuk membawa makanan masuk kedalam kawasan sehingga di pintu masuk petugas juga akan mengecek isi tas kita selain mengecek karcis.
Beberapa tema taman bermain yang ada di Disneyland adalah Main Street USA, Fantasy Land, Toy Story Land, Tomorrow Land, Adventure Land dll.
Biasanya setiap pukul 14.00 ada Disneyland Parade di jalan utama di dalam Disneyland dan setiap jam-jam tertentu akan ada pertunjukan di masing-masing lokasi (theme), biasanya di brosur akan ada schedule masing-masing acara.
Sangat disayangkan kami datang bukan pada waktu yang tepat, lagi school holiday sehingga antrian untuk di setiap permainan sangat panjang. Untuk sebuah permainan yang demand-nya tinggi, bisa menghabiskan waktu mengantri 30-40 menit, sangat waste time. Tapi overall, kami menikmatai kunjungna ke Disneyland ini.Kunjungan di Disneyland ini ditutup dengan kembang api, biasanya setiap jam 20.00.

Misi Menemukan Sang "Tin-Tin"
Berdasarkan review, "tin tin" adalah salah satu kendaraan yang patut dicoba di Hongkong dan tentu saja kami juga tidak ingin ketinggalan, jadi setelah sarapan dan mutar mutar shopping area terdekat, berangkatlah kami menjalankan misi ini. Kami mencoba naik di "tin tin" di area Central, berdasarkan map dan informasi yang kami dapatkan kami berusaha mencari stasiun/stops "tin tin" biasanya ditandai dengan tiang/icon warna hijau.
Karena sulitnya komunikasi dengan warga lokal membuat kami mutar mutar tak tentu arah  (again) dan anehnya begitu ada orang yang berhasil kami tanya, mereka tidak tahu apa itu "tin tin", really??? Masih dengan rasa penasaran, kami menanyakan satpam, kantor polisi, security mall, dan akhinya seseorang mengerti apa yang kami maksud dan menunjukkan arah dan memberitahu bahwa yang kami maksud adalah tram. Tetapi kami tetap ngotot kami mencari "tin tin", sejenis tram dengan tambang di bagian atas.
Hongkong Tram
Dengan kaki yang sudah kelelahan, kami ingin give up (again)  tetapi tiba tiba sang "tin tin" lewat didepan mata, finally!! Akhirnya kami berhasil naik si "tin tin" dan  didalam tin tin kami tertawa terbahak-bahak (tawa puas berhasil menemukan si tin-tin) sehingga orang lain menatap kami aneh, biarkanlah yang penting misi tercapai. Keasyikan didalam tin tin, tempat kami seharusnya turun kelewatan dan akhirnya terpaksa jalan lagi, nasiiib nasib.

The fact : Ternyata kami salah mengeja, yang benar adalah Ding Ding bukan Tin Tin, dan ding ding sebenarnya sama dengan tram cuma orang lokal sering menyebut ini ding ding. Naik tram dari pintu belakang dan turun dari pintu depan setelah melakukan pembayaran baik dengan cash maupun Octopus card, farenya HKD 2.30 (per 2014) sekali naik tidak memandang jarak. Jalur tram dibedakan dengan warna (bukan nomor tram) dan mencakup sebagian besar Hongkong. Tram adalah salah satu transportasi yang paling murah untuk explore untuk Hongkong dan uniknya hanya tram satu satunya transportasi yang tracknya ada yang lewat di tengah-tengah pasar, detail bisa dicek disini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar