Itinerary perjalanan 11 hari South East Asia (Singapore, Cambodia dan Vietnam)

Memanfaatkan liburan panjang lebaran tahun 2012 saya dan 2 teman saya akan melakukan perjalanan Explore South East Asia. Perjalanan ini akan mengunjungi 3 negara yaitu Singapura, Cambodia dan Vietnam dan 8 kota yaitu Phnom Penh, Siem Reap, Ho Chi Minh City, Mui Ne, Nha Trang, Hoi Ann, Danang, Hanoi. Transportasi yang digunakan selama perjalanan adalah 5 kali perjalanan dengan pesawat, 2 kali dengan ferry dan selebihnya menggunakan bis dengan total biaya sekitar Rp. 5 juta.


Berikut ini adalah itinerary kami :

Day 1 : Jakarta - Batam - Singapore (pesawat + ferry)
Karena liburan panjang tidak ada ada tiket murah yang tersedia untuk penerbangan ke Cambodia atau Vietnam dari Jakarta, sehingga saya mengambil penerbangan ke Batam dilanjutkan dengan naik ferry ke Singapore.
Menginap di : Rucksack Inn, Lavender

Day 2 : Singapore - Phnom Penh - Siem Reap (pesawat + bis)
Penerbangan murah ke Siem Reap dari Singapore dan Hanoi tidak ada setiap hari, jadi saya terpaksa mengambil ke Phnom Penh. Ada sih penerbangan ke Ho Chi Minh City yang murah (hampir sama dengan Phnom Penh), tetapi rute darat saya jadinya tidak efisien.
Tips dan Info:
Jika memungkinkan terbanglah ke Negara/kota yang berada di tujuan pertama/terakhir kita agar rute daratnya tidak bolak balik. Dengan tujuan Negara/kota diatas seharusnya penerbangan pertama saya bagusnya ke Siem Reap atau Hanoi tetapi karena kendala tiket dan waktu terpaksa menambah perjalanan jalan darat.

Transportasi dari airport Phnom Penh ke pusat kota
  1. Airport taxi, cost sekitar $7-8 tergantung lokasi. Taxinya bukan argo, tapi harga fix, kita book dari counter yang ada di pintu keluar kedatangan. Ada juga taxi biasa dengan cost $5 (nawar ya)
  2. Tuk tuk, cost sekitar $4-5, bisa dapat yang lebih murah kalau keluar dari gate airport, sekitar $4
  3. Moto (kaya ojek), cost sekitar $2. Kalo sendiri mungkin pilihan yang tepat.
Kami mengambil jadwal bis sore hari agar masih sempat explore Phnom Penh. Untuk keliling kota bisa sewa taxi $9-12 untuk 3 jam dan tuk tuk $10-15 untuk 1 hari, kami mengambil half day tour ke Killing Field dengan harga $10 dari Capitol. Pastikan untuk membeli tiket bis dulu sebelum tour keliling kota.  Di Siem Reap bis akan berhenti di pool masing-masing, jadi pastikan kalo ada tuk tuk yang sudah menunggu jika tiba malam hari. Ada sih tuktuk yang standy di setiap pool, tapi biasanya kalau tengah malam harga lebih mahal dan kita repot kalau harus nego dulu. Menginap di : Sam So Guesthouse (Triple Room with Fan, $17/night)

Day 3 Siem Reap - Phnom Penh (bis)
Sewa tuk tuk sehari $15 untuk explore Angkor Wat (tambahan $5 jika berangkat subuh untuk melihat sunrise, +$5 jika pergi ke Cambodia Cultural Village,+$10 ke Tonle Sap untuk melihat floating village), one day pass Angkor Wat $20.

Jika ada waktu disarankan untuk melihat sunrise dan sunset di Angkor Wat. Sorenya kami kembali ke Phnom Penh dengan bis sore Capitol, awalnya ingin ambil bis malam Sokha-Kumar yang jam 24.00 tetapi katanya jalan malam kurang disarankan jadi rencana dirubah. Kami  naik bis Capitol lagi karena jadwal mereka yang paling pas dan kebetulan mereka punya hotel di dekat pool, jadi kami tidak perlu bingung cari hotel di tengah malam

Menginap di :Capitol Guesthouse

Transportasi Phnom Penh - Siem Reap - Phnom Penh
  1. Bis, banyak pilihan bis yang bisa kita ambil dengan jadwal dan harga yang berbeda beda mulai dari $ 5 - $ 18. Bis yang terkenal bagus adalah Mekong Express tetapi harganya jauh lebih mahal. 
  2. Mini-Bus, biasanya jarak tempuhnya bias lebih pendek dari bis pada umumnya karena mini-bus ini lebih kecil biasanya 13-15 seat, harganya sekitar $8 - $12
  3. Pesawat, jarak tempuh sekitar 45 menit tapi harganya diatas $40
  4. Taxi, harganya sekitar $65 - $ 85
  5. Boat, biasanya ada sekitar bulan July - March
Di antara kelima option tersebut pilihan bis dan mini-bus adalah pilihan yang paling baik dari segi biaya. Untuk informasi bis antar kota dan antar Negara di Cambodia bisa dibaca di CanbyPublication.

Sementara untuk  membooking tiket bisa di cambotiket atau bookmebus, beberapa bis seperti Mekong Express dan Giant Ibis menyediakan booking online di website masing masing dengan tambahan biaya sekitar $ 1-2. Untuk booking tuktuk di Siem Reap bias dengan Sam melalui email : samtuktuk@yahoo.com

Day 4 Phnom Penh - Ho Chi Minh City (HCMC) - Bis
Karena schedule yang berubah sebelumnya, kami belum mempunyai tiket untuk ke Ho Chi Minh City dan semua tiket untuk jadwal paling pagi sudah habis, yang tersisa hanya bis Sorya jam 10 pagi.  Masih ada waktu sebelum berangkat akhirnya sewa tuktuk 3 jam untuk explore kota Phnom Penh. Tiba di HCMC langsung beli tiket bis Sin Tourist untuk besok malamnya ke Mui Ne langsung di kantor Sin Tourist di daerah Pham Ngu Lao salah satu recommended operator bis di Vietnam. Hati hati dengan beberapa web palsu yang mirip mirip dengan Sin Tourist. Hati hati juga dengan scam oleh supir taxi atau tuk tuk yang kadang membawa kita ke kantor/agent Sin Tourist yang palsu. Cek di website langsung untuk alamat lengkap mereka di setiap kota.

Menginap di : Long Hostel (double room+extra bed $27)

Day 5 HCMC - Mui Ne (Bis)
Half day tour ke Chu Chi Tunnel yang kami beli dari hostel,  explore  kota HCMC setengah hari  dan sorenya berangkat ke Mui Ne

Menginap di : Mui Ne Backpackers Resort (Beachfront rooms $30+extra bed $5)

Day 6 Mui Ne - Nha Trang - Hoi Ann (Bis)
Explore Mui Ne setengah hari dengan jeep. Kami booking jeep dengan Mr Binh, email mrbinhsahara@hotmail.com dengan harga $ 36 dari jam 4.30am - 12pm (max) atau bisa juga juga di website ini,   mereka menawarkan $35 untuk max 5 jam. Sorenya kita berangkat ke Hoi Ann berhenti beberapa jam di Nha Trang bisa explore pantai yang dekat dengan pool Sin Tourist.

Menginap di : Sunflower Hotel (Standard room, $33)

Day 7 Hoi Ann
Transportasi di Hoi Ann ada taxi dan tuk tuk, harganya lebih murah dibanding Cambodia. Old City bisa diexplore dengan jalan kaki atau bisa juga rental tuktuk.

Day 8 Hoi Ann - Danang - Hanoi (Sewa Mobil + Pesawat)
Dari Hoi Ann ke kota Danang bisa naik bis, tapi karena tujuan kami ke airport Danang kami menyewa mobil dari Hotel, jadi sekalian explore kota Danang.

Transportasi Hanoi Airport (Noi Bai) - pusat kota
  1. Taxi, sekitar 320.000 dong, 30-45menit
  2. Airport Minibus, cost sekitar $4/pax (64.000 dong), diantar sampai hotel tetapi berangkat setelah penuh, sebelum naik pastikan harganya terlebih dahulu
  3. Public bus, lama perjalanan sekitar 1 jam (no 7 tujuan Kim Ma bus station, no 17 tujuan Long Bien Bus Station) cost 5000 dong
  4. Sewa mobil/arrange dari hotel, dengan biaya sekitar $14-16. Kami arrange dari hotel dengan biaya $16 untuk 3 orang.
Menginap di : Hostel Hang Vai (Private family room, $20)

Day 9 Hanoi - Halong Bay - Hanoi (Tour)

Transportasi Hanoi - Halong Bay :
  1. Bus, dari Kim Ma bus station, ambil bis Hoang Long express (interval 15 menit,cost 60.000VND), perjalanan sekitar 3-4 jam. Dari Long Biesn bus station, bisa dengan bis My Dinh, Gia Lam.
  2. Tour, booking tour dari hotel/online, biasanya termasuk dengan penjemputan di hotel, cruise dan hotel (jika menginap). Kami mengambil paket superior 1 hari dari hotel dengan membayar $27/orang sudah termasuk transprotasi antar jemput hotel-halong bay-hotel, makan siang, cruise 1 hari dan biaya masuk tempat wisata tetapi belum termasuk biaya kayak/cano $4/pax.
  3.  Motor, sewa motor di Vietnam sekitar $20/hari
  4. Train, biaya sekitaar 80.000 VND
Cara paling praktis adalah membeli paket tour dari hostel atau online, paket Halong Bay ini juga ada yang bisa menginap di kapal.

Day 10 Hanoi - Singapore - Batam (Pesawat + Ferry)
Explore kota Hanoi (jalan kaki saja), sorenya kembali ke Singapore dan Batam

Day 11 Batam - Jakarta (Pesawat)





Info Lainnya :

  1. Kita tidak membutuhkan visa di Cambodia & Vietnam
  2. US$ Dollar bisa digunakan di Cambodia (banyak warung kecil juga menerima pembayaran dalam USD)
  3. Beli tiket bis/kereta begitu sampai di tujuan (kalau bisa langsung book untuk tiket pulangnya juga).
  4. Selain bis kita bisa menggunakan kereta antar kota di Vietnam (tetapi harganya cenderung lebih mahal), harga dan schedule bisa dilihat di website langsung
  5. Sebelum naik tuk tuk (Cambodia & Vietnam) sebaiknya harga di fix kan dulu.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser