Tentang sebuah perjalanan (Part 1 : Overland Jawa Timur)

Long weekend selalu menggoda untuk travelling karena tidak perlu cuti lama. Rasanya sayang banget kalau tidak dimaanfaatkan maklumlah pekerja kantoran kaya kita emang waktunya cukup terbatas jadi long weekend kali ini pun kita manfaatkan untuk untuk explore Jawa Timur dengan tujuan Ijen, Baluran, Papuma dan Bromo.

Hanya aku dan Anie yang confirm untuk trip kali ini, jadi modal nekat kamit memutuskan untuk tetap berangkat darn demi mengirit transportasi darat disana, kami pun rencananya naik angkutan umum dengan rute Jakarta-Semarang-Surabaya-Papuma-Ijen-Baluran-Surabaya-Jakarta. Kuatir tiket kereta ke Semarang habis lagi seperti tiket kereta ke Surabaya, kami pun mengissue tiket ke Semarang. Tiket kereta sudah ada, itinerary kasar sudah disusun dan informasi transportasi umum pun sudah dikumpulkan, hanya menunggu waktu keberangkatan.


Dua minggu sebelum keberangkatan saya bertemu dengan teman lain pada saat trip ke Kawah Putih dan berminat untuk join. Demi kenyamanan dan selish cost yang tidak terlalu jauh akhirnya kita pun menyewa mobil dari Surabaya dan rute perjalanan pun dirubah : Jakarta-Semarang-Ijen-Baluran-Papuma-Bromo-Surabaya-Jakarta, dengan detail sebagai berikut :
  1. Jakarta-Semarang dengan kereta, sebenarnya lebih efesien langsung ke Surabaya tapi tiket sudah habis. 
  2. Semarang-Surabaya naik PATAS, pilihan jatuh pada Jaya Utama, ada toilet di bus dan juga mendapatkan makan siang. Banyak pilihan bis ke surabaya mulai dari ekonomi (tanpa ac) harganya paling rumah tetapi kalau travel siang hari sudah bisa dipastikan akan panas dan biasanya sangat ramai, lebih lama sampainya karena berhenti dimanapun untuk mengambil dan menurunkan penumpang. Ada lagi bis ekonomi dengan ac, sedikit lebih mahal tapi lebih nyaman tetapi tetap saja mereka akan berhenti dimanapun dan yang terakhir adalah PATAS, lebih mahal (tapi tidak terlalu mahal), nyaman dan hanya behenti pada tempat tertentu jadi otomotis lebih cepat sampainya. 
  3. Dari Surabaya ke lokasi selanjutnya kami naik mobil, kali ini kami dapat harga yang murah atas rekomendasi seorang teman. Tujuan pertama adalah Gunung Ijen, sekitar 6 jam perjalanan 
  4. Dari Gunung Ijen, kami akan menuju Baluran perjalanan sekitar 3-4 jam  
  5. Pada hari yang sama, Baluran - Papuma dengan lama perjalanan sekitar 4-6 jam, menginap di Papuma
  6. Hari terakhir Papuma - Bromo, Bromo - Surabaya dan lanjut naik kereta ke Jakarta
Dari stasiun Semarang kita naik bis ke terminal Terboyo, didalam bis orang orang memperhatikan kami dengan pandangan matanya, melihat ke arah backpack besar di punggung sampai-sapai ibu ibu menawarkan tempat duduk untuk kami. Terminal Terboyo ini merupakan terminal besar di Semarang, hampir semua bis tujuan luar kota ada di sini jadi tidak usah takut ketinggalan bis, pilihan begitu banyak.

PATAS Jaya Utama yang kami naiki sangat sepi penumpang, mungkin hanya ada sekitar 10 orang di dalam bis sehingga masing masing dari kita memilih duduk sendiri sendiri, berharap akan punya space yang lebih luas untuk istirahat aka tidur. Setengah jam berlalu, bis masih sepi aku perhatikan teman-teman lain sudah mulai tertidur dengan menggunakan kedua kursi yang tersedia. Saat penumpang yang  lain masuk mereka otomatis mengisi yang kosong, tanpa sekalipun menyuruh kami (teman-teman saya tepatnya) karena saya tidak bisa tidur. Dan ajaibnya si kondektur bis pun diam saja, mungkin memang karena masih ada yang kosong ya, walaupun di saat-saat terakhir kursi yang kosong bisa dihitung pakai jari.

Tidak satupun dari kami yang pernah ke Surabaya, jadi waktu bis memasuki terminal kami berlima saling lihat sampai itu sudah sedikit terlambat. Penumpang sudah turun satu persatu, sementara kami masih sibuk memungut barang-barang yang berseratakan di atas kursi sampai akhirnya kondektur berteriak "habis" "habis" beberapa kali baru kami bergerak turun bis. Dan kamu tahu kalimat perpisahan dari pak kondektur ke kami sebagai orang yang paling terakhir turun ?
"Makanya kalau tidur itu ya dirumah" Ups hahahahaha

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser